Profil

Perpustakaan adalah salah satu komponen penting yang mendukung tercapainya prinsip penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam pasal 4 UU No. 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu untuk mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.

Perpustakaan LPMP Papua Barat termasuk ke dalam jenis perpustakaan khusus. Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang dibentuk oleh Lembaga yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lingkungan, baik dalam hal pengelolaan maupun pelayanan informasi bahan pustaka.

Keberadaan perpustakaan LPMP Papua Barat juga bertujuan dalam rangka mendukung program Gerakan literasi di masyarakat secara umum dan secara khusus dalam rangka pengembangan dan peningkatan tugas dan fungsi Lembaga maupun sumber daya manusia di Lembaga.

Pembentukan perpustakaan khusus mengacu pada peraturan kepala perpusnas nomor 14 tahun 2017 tentang Standar Nasional Pepustakaan Khusus.

Perpustakaan LPMP papua barat lahir dari sebuah Pojok Baca yang digagas oleh pegawai LPMP papua Barat untuk memenuhi minat baca di lingkungan kantor LPMP Papua Barat yaitu dengan menyumbangkan satu buku setiap satu kali perjalanan dinas.

Seiring bertambahnya koleksi pojok baca LPMP Papua Barat, maka dibutuhkan sebuah ruang khusus untuk menyimpan koleksi. Maka dari itu terbentuklah ruang perpustakaan LPMP Papua Barat.

Tujuan Perpustakaan Khusus

  1. Menunjang program Lembaga induk
  2. Menunjang penelitian Lembaga induk
  3. Menggalakkan minat baca di lingkungan unit kerja Lembaga induk
  4. Memenuhi kebutuhan pemustaka di lingkungan perpustakaan

Tugas

    Melayani pemustaka dengan menyediakan bahan pustaka/bacaan yang sesuai dengan kebutuhan Lembaga induk dan masyarakat di sekitarnya.

Fungsi

    Sebagai perpustakaan rujukan, pusat deposit, pusat sumber belajar masyarakat di lingkungan Lembaga induk

Teknologi Informasi dan Komunikasi

    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan penyelenggaraan dan pengelolaan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan dan keperluan pemustaka

Jenis Koleksi

  1. Karya cetak, terdiri dari buku dan terbitan berkala
  2. Karya rekam, terdiri dari CD tutorial yang ada pada buku

Lingkup Koleksi

    Bacaan umum, berbagai disiplin ilmu sesuai kebutuhan pemustaka di lingkungan Lembaga induk dan masyarakat di sekitarnya, koleksi referensi, laporan penelitian, jurnal sesuai dengan organisasi induknya, dan literatur kelabu (karya ilmiah)

Koleksi Referensi

    Terdiri dari ensiklopedia, literatur karya prosiding, buku pedoman, kamus, dll

Visi

    Terwujudnya perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan referensi bagi pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila

Misi

  1. Memasok data dan informasi yang dibutuhkan pimpinan dan karyawan LPMP
  2. Menyediakan layanan peminjaman dan pengembalian buku, bedah buku, pengelolaan madding dll
  3. Menjalin relasi dan membuat kegiatan Bersama dengan komunitas dan penggiat literasi local, dinas perpustakaan daerah, dan dinas Pendidikan provinsi/kabupaten
  4. Menjadi mitra pustakawan/tenaga perpustakaan sekolah dalam membangun perpustakaan sekolah

Informasi


Profil Perpustakaan LPMP Papua Barat


LPMP Papua Barat

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan atau Biasa disebut LPMP adalah Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud) di tingkat Provinsi.
Info selengkapnya